-->

Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung (Visitor) Blog

Memiliki traffic pengunjung blog yang besar adalah impian semua blogger, karena semakin banyak pengunjung, semakin banyak pula penghasilan yang mereka dapat. Hanya saja mengingat persaingan di dunia blogger semakin ketat, kesempatan untuk mendapatkan pengunjung yang lebih banyak meningkat Anda harus mengeluarkan usaha yang lebih agar pengunjung blog anda dan bersaing dengan situs-situs lainnya yang mungkin memiliki teknik seonya masing masing.


Banyak istilah dalam dunia blogger yang harus diketahui oleh pemula dalam dunia blogging, seperti Search Engine Optimization (SEO), Backlink, Page Authority, Domain Authority, SEO On-Page, SEO off-page, dan masih banyak lainnya.

Pada thread kali ini, saya akan mengulas habis beberapa hal dasar yang dapat membuat traffic blog Anda meningkat. Berikut diantaranya:
#1. Share Artikel Blog Anda di Sosial Media
Cara termudah dan tersimple yang dapat anda lakukan adalah dengan membagikan tautan artikel atau posting di social media seperti facebook, twitter, gplus, dll. Saya sendiri suka membagikan artikel saya di grup grup facebook yang memiliki jumlah anggota yang banyak sebagai contoh saya sering membuat grup 4tawa Indonesia, Group Android Indonesia, Blogger Indonesia, Keluarga blogger Indonesia dan grup-grup serupa


Walaupun traffic pengunjung blog yang didapatkan hanya sementara, ini dapat menambah traffic blog Anda yang masih kecil, terlebih lagi Jika anda memiliki dan wajib jangan ragu-ragu untuk membagi artikel blog anda di social media, karena blog yang mengandalkan traffic facebook tidaklah sedikit, mereka rutin untuk membuat artikel artikel menarik dan penghasilan yang didapatkan tidak jauh berbeda dengan blog yang memiliki sumber lalu lintas dari search engine

Sayangnya blog yang menggunakan cara ini harus melakukannya secara terus menerus, karena jika mereka tidak memperbaharui artikel, otomatis traffic menjadi turun drastis, berbeda dengan blog yang mengandalkan traffic dari search engine, mereka dapat santai setelah mendapatkan Page 1 di google

#2. Ikuti Diskusi di Forum Forum Besar
Salah satu hal yang dapat anda dilakukan untuk meningkatkan traffic adalah mengikuti diskusi di sebuah forum yang memiliki kesamaan topik dengan blog anda kemudian meninggalkan tautan artikel anda disana.

Carilah thread thread yang memiliki kesamaan topik dengan blog anda, ketika seseorang membuat produk baru usahakan diri Anda mendapatkan halaman pertama dari thread tersebut dan lakukan komentar, sisipkan tautan blog anda disanam dan tunggu sampai ada orang yang mengklik link yang anda tinggalkan tersebut

Selain mendapatkan traffic langsung dari pengunjung blog yang mengklik link anda, Anda juga akan mendapatkan backlink yang dapat membuat blog anda mendapatkan peningkatan SERP dimata google, terutama jika situs tersebut adalah situs dofollow

Berikut beberapa situs forum terbesar di indonesia yang saya sarankan:
  • kaskus.co.id
  • bersosial.com
  • nyitnyit.net
  • diskusiwebhosting.com
  • sekolahblogger.net
  • idws
  • ads.id
  • dll

#3. Perbanyak Backlink Dofollow
Bukan rahasia umum lagi jika backlink adalah salah satu faktor yang membuat sebuah blog mengalami peningkatan traffic, jika anda tidak tahu cara mengetahui jumlah backlink anda, Anda dapat melakukan pengecekan di situs situs backlink checker, dalam hal ini saya sarankan gunakan Ahrefs.

Mendapatkan backlink bukanlah perkara sulit, anda hanya harus menggunakan anchor text atau mungkin memanfaatkan fitur name/urls setiap kali anda mengunjungi sebuah situs dan berkomentar. Dengan begitu, cepat atau lambat google akan mulai mengindex backlink yang anda buat tersebut.

Backlink ada dua jenis, yakni backlink dofollow dan backlink nofollow, dan yang berpengaruh pada SEO adalah backlink dofollow, dimana secara harafiah backlink dofollow dapat diartikan sebagai backlink yang mengikuti (do=melakukan, follow=mengikuti), artinya blog ini akan mendukung dan mengikuti perkembangan dari blog yang mendapatkan backlink ini.
#4. Melakukan Blogwalking
Blogwalking adalah sebutan untuk blog berjalan, dimana pemilik blog akan berkeliling ke situs-situs lain, kemudian meninggalkan komentar yang berisi tautan/link blog anda di blog tersebut.

Blogwalking juga bermanfaat untuk meningkatkan jumlah backlink, seperti yang saya sampaikan di poin diatas, backlink adalah salah satu faktor penentu pemberian SERP oleh Google, semakin banyak backlink yang dimiliki, semakin banyak pula kemungkinan bahwa artikel anda diberikan prioritas untuk menempati peringkat pertama dalam halaman pencarian google. Tentu saja, kualitas artikel juga mempengaruhi.

Cukup lakukan blogwalking sewajarnya saja karena jika anda terlalu terhadap blogwalking, anda mungkin justru melupakan kualitas konten karena terlalu fokus pada backlink dan blogwalking, ingat, Content is King

#5. Buat Artikel/Postingan Panjang, Jelas dan Padat
(saran: Buatlah artikel yang memiliki panjang setidaknya 500-1000 kata untuk hasil terbaik)

Semakin panjang dan lengkap, semakin tinggi juga kemungkinan blog anda akan diberikan page One oleh google. Buatlah postingan yang memiliki isi yang lengkap dan informatif, usahakan agar tidak memberikan konten sampah, apa itu konten sampah?

Konten sampah yang saya maksud disini adalah konten dimana anda hanya menyajikan basa basi yang sangat panjang, sedangkan tujuan dari dibuatnya artikel tersebut tidak dicantumkan, ini tentunya membuat blog anda dianggap sebagai blog sampah, ‘rumahnya aja yang gede, namun isinya gak ada’ mungkin itulah kata kata yang tepat untuk blog yang menerapkan hal ini.

Saya sarankan, buatlah artikel dengan panjang 500 kata +++, dan tentunya, tujuan dari dibuatnya artikel itu harus jelas dan padat, dan tidak terlalu berlebihan dalam hal basa basi atau pembukaan sebuah artikel

#6. Jangan Sekali Kali Coba Melakukan Copy-Paste
Percobaan copy-paste adalah hal yang sering kali dilakukan para blogger pemula, entah itu mengambil bagian pembukaan (basa-basi) ataupun mencopas secara keseluruhan, karena banyak orang menganggap jika melakukan copy paste dirasa lebih cepat jika dibanding harus membuat artikel secara manual (ketik tangan). Namun pada kenyataanya, copy-paste adalah salah satu hal kesalahan fatal bagi yang sering dilakukan oleh blogger pemula

Karena tidak ingin dibilang munafik, saya jujur saya pernah melakukan praktek copy-paste, tidak hanya 1 artikel, saya clone semua artikel dari blog tersebut secara membabi buta tanpa ampun (ada metode untuk mencopas blog secara keseluruhan). Nah, karena saya pernah melakukan copy-paste, saya akan uraikan hal hal yang telah terjadi setelah saya melakukan copy-paste

Dari pengalaman saya melakukan praktek copy paste, artikel tersebut memang mau terindex oleh google dan menempati peringkat pertama di halaman pertama google berdasarkan keywor yang saya ketikan (misal saya copas artikel berjudul “Aku ini master SEO yang sangat handal”, nah jika saya ketikan di google, artikel saya tersebut mendapatkan page one), but wait, kesenangan saya tidak berlangsung lama, karena di hari kedua, postingan saya ini lenyap dari halaman pencarian, kemudian di hari ketiga artikel kembali muncul, hanya saja artikel tersebut berada di halaman ketiga pencarian google, dan hari keempat, artikel tersebut lenyap ditelan bumi.

Dari sini saya menarik kesimpulan: “Google bukanlah sistem yang dapat dibodohi dengan mudah”, jika google mudah dibodohi, mungkin saat ini halaman pencarian google dipenuhi dengan artikel yang memiliki judul & isi yang sama.

Selain itu, saya berfikiran bahwa jika google menyadari kalau artikel di blog anda adalah hasil copas, maka google juga akan mulai tidak percaya terhadap situs anda, dan menurunkan SERP blog

#7. Perbanyak Jumlah Artikel/Postingan di Blog Anda
Tentunya, konten adalah hal pokok yang menjadi sorotan Google untuk menilai blog tersebut bermanfaat atau tidak, google akan lebih memprioritaskan blog blog yang memiliki konten lebih banyak.

Dengan catatan artikel yang dibuat adalah artikel yang bermanfaat dan bebas dari praktek copy-paste
Sebagai bukti jumlah artikel/postingan mempengaruhi traffic blog adalah perbandingan antara blog anda dengan blog besar, mereka mungkin sudah memiliki ribuan artikel di situs mereka, sedangkan anda hanya memiliki beberapa artikel saja, tentu saja google akan lebih memprioritaskan blog blog yang lebih informatif dan lengkap.

#8. Buat Artikel Secara Rutin (Setidaknya 2-3 Artikel Per Hari)
Mungkin anda berfikiran bahwa poin ini sama dengan poin nomor 7, padahal sebenarnya berbeda! Antara banyak dan rutinitas adalah hal yang berbeda.

Sebagai contoh, Metode 1: "Anda membuat artikel sebanyak 100 buah setiap 1 bulan sekali" dengan Metode 2: "Anda membuat artikel sebanyak 3 buah setiap harinya", walaupun sama sama bertujuan untuk memperbanyak artikel, metode yang pertama sesungguhnya tidak terlalu disukai oleh google, karena dengan membuat 100 posting setiap 1 bulan sekali dapat dianggap sebagai spam oleh google, beda cerita jika blog anda mampu membuat 100 posting setiap harinya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung (Visitor) Blog"

  1. Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda? Apakah Anda mencari kesempatan untuk menjual ginjalnya untuk uang karena istirahat keuangan turun dan Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan, kemudian hubungi kami hari ini di Rumah Sakit uffure dan ($ 4000000USD) Kami akan menyediakan untuk ginjal.
    rumah sakit kami mengkhususkan diri dalam operasi ginjal dan kami juga menangani jual beli. Transplantasi ginjal donor dengan hidup yang sesuai. Kami terletak di India.usa dan Nigeria Jika Anda tertarik untuk membeli atau menjual ginjal jangan ragu untuk menghubungi kami melalui
    email: uffurehospital33@gmail.com
    Menunggu jawabanmu.
    Dr. Peter Williams

    ReplyDelete
  2. mark doc
    Halo, nama saya adalah Dr Mark henry dari University Of Benin Pengajaran
    Rumah sakit, saya seorang spesialis dalam Bedah organ, dan kita berurusan dengan
    beli organ dari manusia yang ingin menjual, dan kami berada di
    Nigeria, Amerika Serikat dan di Malaysia, tetapi kantor pusat kami di Nigeria. jika
    Anda Atur Jual Ginjal Anda, atau menjual setiap bagian dari Anda
    organ tubuh Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Hubungi kami melalui
    Email: markhenryhome20@gmail.com
    whatsapp + 233542203342
    Berharap untuk mendengar dari Anda.
    Salam,
    Dr Mark
    C.E.O
    UNIVERSITY OF BENIN TEACHING HOSPITAL.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel